Pentingnya! Perhatikan Tanggal Kadaluarsa Kosmetik Anda

Posted on

Selain ada baju, sepatu, serta tas, kosmetik menjadi salah satu benda yang selalu masuk dalam daftar belanja anda, khususnya perempuan. Kadaluarsa kosmetik menjadi penting untuk diperhatikan mengingat bahwa apakah produk kecantikan tersebut masih laya untuk digunakan atau tidak. Nah, apabila anda tidak menginginkan kulit anda bermasalah, maka anda direkomendasikan untuk menyimpan serta menggunakan kosmetik yang masih layak untuk dipakai serta belum kadaluarsa.

produk kecantikan
Tanggal Kadaluarsa Kosmetik

Kemasan produk kecantikan yang lucu serta warna-warni kosmetik yang menarik menjadi daya tarik bagi setiap perempuan dan menggoda untuk membelinya. Terlepas dari jumlah kosmetik yang anda miliki, yang menjadi pertanyaan adalah, apakah Anda sudah mengetahui jika kosmetik bukanlah suatu benda yang dapat disimpan dengan waktu yang lama bahkan selama-lamanya? Ya, sama halnya dengan obat, kosmetik pun mempunyai tanggal kedaluarsa, walaupun kadang ada yang tidak melampirkan tanggal kadaluarsanya. Apabila terus digunakan sesudah masa kedaluarsa kosmetik nya ada, maka bisa jadi hasilnya bukan mempercantik anda, tetapi juga dapat menimbulkan iritasi bahkan lebih buruk lagi seperti infeksi kulit yang berasal dari jamur serta bakteri.

Permasalah lain yang mungkin saja bisa dialami termasuk gangguan pencernaan karena berbagi penggunaan kosmetik dengan orang lain, seperti saat mencoba kosmetik di pusat perbelanjaan yang tidak ada jaminin kebersihannya.

Apa yang Menyebabkan Kerusakan Kosmetik?

  1. Segel yang sudah terbuka
  2. Produk kosmetik yang disimpan di suhu ruangan serta tersegel dengan baik dapat awet selama beberapa tahun. Namun, setelah anda membuka segel serta kosmetik segera “bersentuhan” dengan udara luar. Ketika bahan kosmetik bersentuhan dengan udara luar, maka bahan bahan kosmetik mengalami oksidasi serta mengalami penurunan kualitas.

  3. Bakteri dari tangan
  4. Setiap kali anda menyentuh kosmetik, itu artinya secara tidak langsung anda sudah mentransfer bakteri ke kosmetik anda. Maka dari itu, disarankan untuk selalu mencuci tangan terlebih dulu sebelum anda menggunakan berbagai jenis kosmetik yang Anda punyai.

  5. Suhu udara
  6. Panas serta udara yang lembap juga bisa membuat zat pembasmi kuman pada kosmetik menjadi rusak. Akibatnya adalah membantu perkembangbiakan jamur yang lebih cepat pada kosmetik. Karena itulah, anda sangat tidak direkomendasikan untuk menyimpan kosmetik dalam kamar mandi. Anda direkomendasikan untuk menyimpan kosmetik di tempat yang kering serta tidak terkenan paparan sinar matahari secara langsung.

Saat yang Tepat untuk Membuang Kosmetik

Biasanya, tidak semua produk kosmetik mencantumkan tanggal kedaluarsa. Berikut ini ialah panduan dalam menentukan berapa lama waktu yang dipunyai setiap produk kosmetik sebelum keadaannya menjadi tidak layak untuk anda gunakan.

  1. Maskara dan eyeliner cair
  2. Eyeliner serta mascara menjadi produk dengan usia paling pendek jika dibandingkan dengan produk kosmetik lainnya. Tanpa anda sadari, setiap kali mengembalikan sikat maskara ke dalam tabungnya, maka Anda sudah “memasukkan” bakteri ke tabung tersebut. Anda perlu untuk mengganti dua produk ini maksimal 2-3 bulan sekali. Penggunaan produk kecantikan mata yang sudah terkontaminasi bakteri bisa menyebabkan infeksi mata.

  3. Lipgloss dan lipstik
  4. Sama dengan maskara, lipgloss juga sangat gampang terekspos bakteri. Mengganti lipgloss Anda setiap enam bulan sekali atau apabila lipgloss tersebut sudah mengeluarkan aroma aneh seperti bahan kimia maupun lilin, atau sudah berubah warna.

  5. Kosmetik wajah
  6. Bedak serta semua kosmetik dengan bahan dasar bubuk seperti eye shadow maupun blush on, dapat digunakan selama 18-24 bulan. Yang perlu menjadi perhatian dari produk kosmetik ini adalah, selama warna kosmetik tidak berubah maupun tidak mengeluarkan aroma aneh, dengan keadaan yang seperti ini tentunya masih aman untuk anda gunakan. Sebaliknya, jika kosmetik dengan bahan dasar cair seperti foundation cair, hanya dapat bertahan sampai satu tahun. Apabila kosmetik dengan bahan dasar cair Anda simpan di suhu ruangan normal dan juga tidak terkena sinar matahari langsung, maka Anda dapat memperpanjang masa berlakunya sampai satu tahun. Apabila cairan foundation nampak menggumpal maupun terlalu encer, maka kosmetik ini telah tidak layak dipakai.

  7. Obat jerawat
  8. Obat jerawat biasanya ada yang mencantumkan tanggal kedaluarsa maupun ada yang tidak mencantumkan pada kemasannya. Obat jerawat yang sudah kedaluarsa tidak akan bekerja secara efektif. Apabila disimpan terlalu lama, maka kondisi demikian bisa menularkan bakteri serta kuman ke wajah yang justru dapat membuat wajah semakin bermasalah. Disarankan untuk anda menyimpan produk antijerawat pada tempat dingin serta kering untuk bisa memperpanjang masa penggunaannya.

Pada dasarnya, produk kosmetik cream pemutih ditujukan untuk mempercantik diri kita. Tetapi apabila cara menyimpan serta menggunakannya yang tidak tepat, maka akan berisiko untuk menimbulkan masalah kesehatan. Yang perlu untuk anda lakukan adalah, pahami bagaimana cara menyimpan serta masa berlakunya dengan benar dan tepat supaya tidak memberikan pengaruh negative terhadap penampilan anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *