Pegagan : Solusi Mengatasi Penyakit Dan Luka Pada Kulit

Posted on

Sudah lama tanaman herbal dari jenis pegagan ini banyak digunakan dalam menangani masalah pada kulit. Jadi tidak heran apabila kini banyak produsen yang menggunakan ekstrak pegagan pada produk obatnya, seperti obat sakit telinga, anti penuaan. Biasanya ekstrak pegagan ini bisa anda temukan pada produk salep maupun krim. Tidak hanya dilakukan oleh produsen obat, produsen kosmetik pun juga tergiur untuk menggunakan tanaman ini ke dalam produk kosmetiknya.

mengobati luka
Mengobati luka dengan pegagan

Lalu yang menjadi pertanyaan, apakah benar pegagan dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan cantik?

Manfaat Pegagan Menurut Penelitian

Pegagan mempunyai zat-zat kimia yang sepertinya dapat membantu untuk mengurangi peradangan. Pada pegagan, memiliki kandungan asam asiatik, ampuh untuk meningkatkan produksi kolagen. Kolagen merupakan salah satu zat yang mempunyai peranan penting dalam proses penyembuhan luka. Dari cara cara kerjanya saja tidak heran apabila banyak orang yang menggunakan tanaman pegagan ini untuk mengatasi permasalahan pada kulitnya.

Berikut ini beberapa hasil penelitian yang mengatakan bahwa pegagan mungkin dapat mengatasi permasalahan pada kulit. Simak penjelasan berikut ini.

  1. Stretch marks
  2. Berdasarkan uji medis bahwa produk yang mengandung vitamin E, pegagan, serta kolagen dapat mengurangi stretch marks dimana stretch marks ini timbul pada wanita yang sedang hamil. Stretch marks pada bagian perut ini bisa berkurang apabila diolesi dengan krim yang mengandung pegagan tersebut setiap hari hingga enam bulan terakhir kehamilan. Kehadiran stretch marks juga dapat dicegah dengan cara mengaplikasikan krim salep pegagan yang biasanya mengandung bahan-bahan seperti asam lemak esensial, asam hialuronik, mentol, serta elastin.

  3. Luka parut
  4. Pada penelitian awal yang pernah dilakukan menemukan hasil positif dari penggunaan krim pegagan ketika mengatasi luka jahitan pada kulit. Dari hasil penelitan tersebut mengunngkapkan bahwa luka jahitan dapat tersamarkan sesudah mengolesi krim pegagan minimal dua kali dalam sehari selama 1,5 hingga 2 bulan selepas anda melepas benang jahit pada kulit.

  5. Mengobati luka pada kulit
  6. Pada beberapa penelitian merekomendasikan untuk mengoleskan pegagan pada kulit. Mengapa demikian? Karena pegagan dapat membantu menyembuhkan luka.

  7. Psoriasis
  8. Penderita psoriasis sering mempunyai gejala-gejala, seperti kulit bersisik, kemerahan, pecah-pecah, kering, maupun gatal. Berdasarkan penelitian, gejala tersebut mungkin dapat berkurang dengan cara mengolesi pegagan pada kulit yang bersisik.

Apakah Pegagan Berbahaya?

Apabila digunakan sesuai dengan kadar yang ditentukan, maka pegagan yang dikenal tidak beracun ini tentu tidak memiliki efek samping. Walaupun demikian, efek samping dari penggunaan pegagan masih jarang terjadi, seperti sakit kepala, mual, sakit perut, rasa kantuk yang berlebihan, pusing,kulit terasa seperti terbakar, maupun alergi kulit. Risiko efek samping terjadi saat pegagan digunakan dengan dosis yang tinggi.

Jangka waktu yang direkomendasikan untuk mengonsumsi pegagan yaitu paling lama enam minggu saja. Apabila Anda ingin memperpanjang masa konsumsi pegagan maka dianjurkan untuk berhenti menggunakan pegagan selama dua minggu sebelum anda memulai mengonsumsi pegagan kembali.

Penting bagi ibu hamil, bahwa keamanan ibu hamil mengonsumsi pegagan masih belum diketahui. Jadi ada baiknya untuk menghindari minuman apa pun yang terbuat dari pegagan. Walaupun demikian, pegagan memungkinkan aman bagi kondisi ibu hamil selama penggunaanya dilakukan dengan cara dioles pada kulit saja.

Sampai saat ini masih belum ada penelitian yang ada secara menyeluruh tentang efek samping penggunaan pegagan untuk ibu menyusui. Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diharapkan seperti bayi yang keracunan ASI, maka sebaiknya ibu menyusui untuk menghindari penggunaan pegagan.

Bagi Anda yang sedang menderita penyakit hati, seperti hepatitis, maka disarankan untuk menghindari penggunaan pegagan ini. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi pegagan dapat memperparah penderita kerusakan hati.

Apakah anda tertarik mengatasi masalah kulit dengan pegagan? Pastikan untuk selalu mengikuti aturan pakai pada kemasan. Pastikan selalu produk yang digunakan sudah terdaftar di BPOM RI supaya terhindar dari pengaruh negatif. Apabila Anda masih ragu, segera konsultasikan kepada dokter kulit anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *