Cara Menghilangkan Koreng yang Berbekas

Posted on

Bekas luka atau yang dikenal dengan koreng memang dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Untuk itu, perlu usaha yang harus anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka pada bagian tubuh anda tersebut. Selain dengan menggunakan obat koreng, ada beberapa cara perawatan yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan koreng yang berbekas. Walaupun demikian, koreng yang berbekas tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, tetapi ada beberapa cara serta perawatan yang bisa mengurangi penampilan pada bekasnya. Pada umumnya, ada perawatan yang perlu dilakukan oleh dokter kulit serta ahli bedah plastik.

cara mengeringkan luka bernanah

  1. Prosedur operasi. Prosedur pembedahan merupakan operasi yang dapat memperbaiki penampilan bekas luka pada bagian tubuh manapun, karena dapat digunakan untuk mengubah, bentuk, lebar serta posisi jaringan parut bekas luka. Apabila operasi dipilih untuk mengobati bekas luka hipertrofik, maka ada risiko jaringan parut dapat memburuk sesudah operasi. Pembedahan tidak dinajurkan pada bekas luka keloid. Mengapa demikian? Karena pembedahan yang dilakukan pada keloid akan cenderung akan tumbuh kembali, serta bahkan menjadi lebih besar. Prosedur operasi pada keloid sering dikombinasikan dengan treatment suntikan kortikosteroid pada tempat bekas luka yang hilang segera sesudah operasi. Beberapa ahli bedah plastik biasanya ikut menambahkan perawatan lain, seperti antibiotik oral dan terapi sinar-X, hal ini dilakukan untuk mencoba menimimalisir kemunculan kembali keloid yang sudah diobati. Anda dapat berbicara pada dokter bedah Anda mengenai perawatan ini.
  2. Baca : salep luka bakar

  3. Perban tekan untuk bekas luka. Tujuan dari penggunaan perban tekan yaitu untuk meratakan serta melembutkan bekas luka. Perban tekan biasnaya sering digunakan pada bekas luka bakar yang luas maupun sesudah melakukan prosedur operasi pencangkokan pada kulit. Perban tekan terbuat dari bahan yang elastis. Perban harus diguakan di atas bekas luka minimal setiap hari dengan jangka 6 hingga 12 bulan. Perban ini bisa digunakan dengan mengkombinasikan pelapis gel silikon. Perban tekan juga dapat Anda peroleh di apotek serta harus digunakan di bawah pengawasan spesialis.
  4. Make-up untuk bekas luka. Penggunaan kosmetik ini ditujukan untuk membantu menutupi bekas luka serta dapat sangat bermanfaat untuk bekas luka pada wajah. Ada riasan yang tahan air serta dapat bertahan selama dua maupun tiga hari. Perlu untuk anda ketahui bahwa pengujian warna kosmetik ini untuk penyesuaian pada warna kulit kadang memerlukan waktu yang cukup lama, serta perlu dilakukan oleh seseorang yang ahli.
  5. Terapi laser. Terapi laser maupun terapi yang dikenal dengan terapi sinar bisa mengurangi kemerahan pada bekas luka. Penggunaan terapi laser ini diarahkan secara langsung pada pembuluh darah pada jaringan parut yang berlebihan seperti keloid. Terapi ini dilakukan dengan menggunakann laser untuk menghilangkan lapisan pada atas kulit sehingga merangsang produksi kolagen pada lapisan yang lebih seperti keloid.

Baca : cara mengeringkan luka bernanah

Belum terlalu banyak penelitian yang berhubungan dengan keamanan serta efektivitas dari terapi laser ini. Apabila Anda berniat menggunakan terapi laser, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit maupun kecantikan untuk memperoleh penanganan yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *